Anggita

ABOUT TUTOBIES INSTAGRAM TUMBLR ASK.FM HOME

Senin, 28 Desember 2015

Pengalaman Nonton Film Sendirian di Bioskop dan 8 Alasan Kenapa Kamu Nggak Perlu Malu Buat Nonton Sendiri




Udah lama ya gak ngepost lagi di blog haha kangen rasanya pengen nulis sesuatu gitu hm... Sebenernya gua punya suatu hobi yang dimana gua melakukan itu di saat gua boring, stress, dan akhirnya gua butuh yang namanya me-time. Aneh sebenernya sih berhubung gua itu jomblo (saat ini) tapi gua selalu butuh yang namanya me-time, atau jangan-jangan gua sudah terlalu lama sendiri dan sudah terlalu lama asyik sendiri? haha gak lah, kayak lirik lagu aja.
Jadi hobi gua itu adalah nonton film sendirian di bioskop, lucu sih ya kedengangarannya? atau bisa dibilang terlalu jomblo? gak sih biasa aja-_- . Gua bukan seorang movie addicted, sebutan novel addicted juga sebenernya udah mulai punah buat diri gua, tapi ya gua tuh orangnya kepo sama sesuatu yang baru dan sering orang-orang omongin atau sesuatu yang booming (pada saat itu). Jadilah gua tertarik dengan satu hal yang awalnya gak banget untuk dilakukan sendirian lalu akhirnya malah menjadi hobi yaitu nonton film sendirian di bioskop.
Berawal dari ke-kepo-an gua terhadap suatu film yang berjudul "Maleficent", pasti readers disini mayoritas tau lah ya tentang film yang diperankan oleh Angelina Jolie ini. Nah pada saat itu gua lagi pengen banget nonton film "Maleficent", gua udah janjian juga sama temen gua yang namanya Vivi pas dia liat postingan gua tentang cover film "Maleficent" di Instagram dan temen gua satu lagi (Andra) juga ngajakin nonton itu pas dia liat DP (Display Picture) BBM gua, tapi guanya malah nekat nonton sendiri karena males nunggu-nunggu orang hahaha yah namanya juga gua.


First time gua nonton film sendirian di bioskop itu hari Sabtu, 14 Juni 2014 di XXI Bintaro Plaza dan duduk di baris G kursi nomor 10 (view-nya gak begitu bagus karna waktu itu seat nya udah pada penuh juga), awalnya sih gua ragu dan agak takut juga nonton sendiri secara gua itu perempuan, masih kelas 10 SMK (15 tahun) juga pada saat itu dan agak malu juga sih... tapi pas dijalanin ya biasa aja, asik malah soalnya yang duduk di kursi sebelah kanan gua itu cowok seumuran gua gitu lah manis lagi wkwk. Oh iya sebelum gua masuk teater, gua gak lupa untuk posting foto tiket + popcorn di Intagram dan ganti display picture BBM hehehe.
Setalah gua berhasil nonton film sendirian perasaan gua itu lega dan percaya diri gua rasanya naik kayak berasa banget jadi seorang independent girl gitu deh haha. Gua keluar teater dengan penuh percaya diri terus gua liat notifikasi di smartphone gua, banyak yang pada komentar tentang gua yang pada saat itu nonton sendiri, macem-macem deh ada yang bilang "Jadi juga lu, ih gak ngajak :(", "Lu seriusan git nonton sendirian? kenapa gak ngajak gua aja? ih kok nggak takut sih" dan "Gittt lu nonton sendirian di Bintaro? Kok lu gak takut dah? Naik angkotnya apaan sih kesana?".
Pada saat itu gua cuma bisa nanggepin seadanya aja karena intinya gua berhasil untuk melawan rasa gengsi gua buat nonton sendirian di bioskop, stay cool ajalah sebagai seorang cewek yang nonton sendiri hehe. Karna sebenernya kita itu gak nonton sendirian di bioskop juga kali, kan masih ada orang lain disekitar kita didalam teater itu, iyakan? wkwk. Tapi buat sekarang ini sih gua masih takut buat nonton film yang genre-nya horror di biskop sendirian hehe...

Nah buat kalian yang masih takut dan gengsi buat mencoba nonton sendirian di bioskop coba deh... Emang salah ya nonton sendirian?

Kadang kalau orang mau nonton di bioskop tuh, gak bisa sendiri, kita mesti ajak temen dulu atau bareng pacar. Kayak tabu banget gitu nonton sendiri, padahal gak gitu juga.
Kalau emang udah gak tahan banget buat nonton satu film tapi temen-temen atau pacar lagi sibuk, gimana? Mau nugguin sampe filmnya basi? Keburu filmnya habis dong. Mau nungguin bajakannya keluar? Emang kamu bajak laut?
Tenang, nonton sendiri bukan berarti kamu gak bisa menikmati tontonan. Pertama kali emang canggung, tapi kamu bakal mengemarinya setelah tau kamu justu dapet beberapa keuntungan dan hal seru lainnya walaupun kamu nonton sendirian. Ini dia...

1.  Selera tontonan tiap orang itu berbeda-beda. Nonton sendirian membebaskan kamu dari adu argumen mengenai film apa yang mau kalian tonton.

Antara orang yang satu dengan orang yang lain selalu punya selera yang berbeda-beda terhadap suatu hal, termasuk genre film. Ada orang yang suka film action, ada yang suka nonton film drama, tapi ada juga yang suka nonton film horror atau thriller yang berdarah-darah.
Memutuskan untuk nonton di bioskop sendirian berarti kamu nggak harus nonton film yang genrenya gak kamu suka. Biasanya hal ini terjadi kalau ada film horror yang lagi tayang. Semua orang pada berebut pengen liat. Tapi apa kamu suka film horror? Atau sebaliknya, kamu suka film horror, tapi temen atau pacarmu yang gak suka? Wah daripada ribut nentuin filmnya, mending kamu nonton sendiri aja. Bisa lebih bebas mau nonton film apa yang lagi tayang.


2. Waktu bukanlah masalah untukmu. Kamu bebas memilih jadwal penayangan dan bioskop mana yang kamu inginkan.


Yup, walaupun akhirnya selera film kalian bisa sama, tapi karena kesibukan masing-masing, kamu malah nggak bisa nobar dengan temen-temenmu. Banyak hal yang bisa menyebabkan masalah waktu ini bisa jadi kendalamu nonton bareng mereka.
Pertama, kamu pengennya nonton hemat hari Senin-Kamis supaya bisa lebih ngirit. Eh tapi ternyata temenmu cuma bisa Sabtu-Minggu yang amit-amit harga tiketnya cukup mahal dibanding hari biasa karena dia selalu pulang kerja larut malam. Rela nggak ngeluarin duit lebih buat nonton bareng temen-temenmu? Tergantung setiap orang masing-masing, ada yang rela ada yang nggak.
Kedua, kalian pasti nyari tempat nonton yang berada di tengah-tengah rumah kalian atau mungkin nyari yang harganya murah. Lagi-lagi kendala lokasi dan jam bisa jadi masalah. Pacar kamu bisanya nonton jam 9, eh tapi ternyata kamu gak boleh pulang lewat jam 9. Nah lho, susah kan?.
Nonton sendirian bikin kamu bebas menentukan hari, jam, dan bioskop mana yang ingin kamu kunjungi. Pastikan kamu udah atur waktunya supaya nggak bentrok dengan jadwal kerja kelompokmu atau kegiatan-kegiatanmu yang lain.


3. Datang on time sebelum film dimulai bisa jadi kebiasaanmu yang paling melegakan. Kamu bisa melihat berbagai trailer film keren yang akan tayang, dan kamu gak akan ketinggalan bagian awal film yang mau kamu tonton.


Udah dateng on time, eh, nggak tahunya temenmu masih nyangkut di jalanan, padahal tiket m-tix dia yang pegang. Alhasil, kau harus nunggu temenmu datang supaya kamu bisa masuk studio. Lagian, masa cuma gara-gara temen nontonmu telat, kamu jadi batal nonton? Padahal film yang mau kamu tonton adalah film favorit yang udah lama dinanti. Dateng on time tanpa ada ketergantungan dengan temenmu tentu akan membuatmu jadi lebih leluasa. Kalian bisa datang kapanpun kalian suka, bahkan walau 30 menit sebelumnya supaya kalian bisa memilih kursi yang strategis.
Begitu pintu di buka, kalian nggak akan dibuat menunggu lama karena kalian akan disuguhi dengan berbagai trailer dari film-film yang akan datang yang bisa jadi target tontonanmu selanjutnya. Lama-lama tanpa kamu sadari, kamu jadi orang yang sangat menghargai waktu karena kamu nggak mentolerir keterlambatan sedikitpun karena harus melewatkan bagian awal-awal film.


4. Walaupun akhirnya kamu datang mepet karena kejebak macet dan belum beli tiket, kamu masih bisa nonton film pilihanmu karena akan selalu ada kursi kosong untuk kamu yang nonton sendirian.



Inilah enaknya nonton film sendirian. Kalau kamu terpaksa harus datang telat, kamu masih bisa nonton film pilihanmu lho, walaupun film itu sangat ramai hingga kursi-kursinya nyaris penuh. Melihat slot kursi yang udah gak bisa ditempati, biasanya beberapa orang akan berguguran atau rela duduk paling depan kalau emang masih ada tempat. Tapi itu kalau mereka berpasangan atau lebih. Biasanya kamu akan menemukan beberapa 1 sot kursi yang masih kosong walaupun studio sangat ramai. Itu adalah kursi anti-couple dan anti-group yang sangat cocok buatmu yang sendirian.
Kalau kamu dapat jackpot, kamu bisa duduk diapit oleh 2 orang cowok ganteng. Kalau kamu belum beruntung, yang duduk di sebelah kanan-kirimu adalah cowok-cowok dengan pacar mereka. Tapi kalau kamu bisa nonton film terkenal sebelum yang lain, bukankah itu suatu kebanggaan?.

5. Tiap orang punya seat favorit masing-masing. Kamu bebas memilih dimana kamu duduk, apalagi kalau seatnya masih tersedia banyak.

Ada penonton yang suka duduk di tepi. Ada yang suka duduk dekat tangga supaya keluarnya gampang. Ada yang merasa duduk di tengah-tengah studio adalah tempat duduk terbaik. Tapi ada juga yang suka duduk paling pojok paling atas supaya bisa berduaan dengan kekasih.
Apapun kursi kesukaanmu, kamu bisa bebas memilih mau duduk dimana, selama seat masih tersedia. Tips buat kamu. Supaya kamu nggak nangis dan ketawa sendirian, pilih kursi di deretan yang cukup ramai. Ketawa ramai-ramai dengan penonton bioskop lainnya tetap harus kamu rasakan karena itulah salah satu serunya nonton di bioskop daripada nonton DVD.
Kursi baris tengah ( D – H ) kalo soal view udah dapet banget. Dijamin enak. Enak karena gak mesti ngedongak, atau ngerasa kejauhan. Jadi kalo diantara baris itu masih kosong, ambil aja. Nah, kalo udah dapet baris tengah, liat lagi, kursi yang udah keisi di satu baris itu kayak gimana situasi kondisinya. Kalo ada satu kursi kosong yang ada di tengah-tengah dua kursi yang udah keisi, mau sebagus apapun letaknya, gak usah diambil daripada kedepannya sakit hati sebelahan sama orang pacaran.

6. Butuh konsentrasi untuk bisa menikmati film yang kamu tonton. Tanpa harus mendegar ocehan dan komentar temenmu, kamu bisa nonton dengan tenang, nyaman, dan penuh penghayatan.

Pernah ngalami kekhusyukanmu pas nonton terganggu dengan pertanyaan-pertanyaan dan komentar-komentar ajaib dari temen nontonmu? Gimana rasanya? Yang pasti, kalau itu terjadi, rasanya temenmu itu pengen kamu bungkus dengan kertas kado, lalu lempar keluar studio supaya dipungut petugas kebersihan.
Apalagi kalau penonton dalam gedung bioskopnya sedikit, tidak lebih dari 20 orang. Asik banget. Kita bisa lebih fokus menonton dan masuk lebih dalam ke film yang kita tonton. Ketakutan. Ketegangan. Kesedihan. Sampai kelucuan, semua perasaan itu datang lebih besar daripada ketika nonton bareng temenmu karena kamu sungguh-sungguh fokus.

7. Nyemil sambil nonton bisa mengatasi rasa bosan dan laparmu. Lebih menyenangkan lagi kalau cemilanmu bisa kamu habiskan sendiri.



Kadang kita suka mati gaya kalau ada adegan-adegan tertentu pada film yang kita tonton. Atau malah kita merasa bosan di tengah-tengah gara-gara filmnya kepanjangan. Cara menghindarinya gampang banget, cukup bawa cemilan dan minuman buat kita seruput dan makan waktu hampir mati gaya. Harga makanan yang disediakan pihak bioskop sangat tidak bersahabat. Jadi, meski dilarang bawa makanan dari luar, gak ada salahnya melanggar untuk kebaikan kantong kita juga.
Kamu bisa menikmati cemilan yang udah kamu siapin ini sendirian, tanpa harus berbagi! Selain puas bisa nonton, kamu juga puas bisa ngabisin 3 bungkus potato snack sendirian. Atau kamu bisa ngabisin 10 bungkus coklat tanpa harus malu ketahuan temen-temenmu. Nggak perlu malu juga di cap rakus sama penonton lain. Kan studionya gelap. Paling cuma kedengaran suara "kraus kraus kraus krenyes".

8. Kamu yang udah berani memutuskan untuk nonton film sendirian, berarti level PERCAYA DIRI mu sudah naik setingkat lebih tinggi.



Kalau kamu sudah memutuskan untuk nonton di bioskop sendirian, berarti galaumu sudah teratasi! Kamu nonton film dengan uang sendiri kan? Bukan ngutang sama tetangga atau minjem duit mpok sebelah rumah kan? Lalu kenapa harus malu nonton sendiri? Percaya diri aja dong! Gak usah malu diliat orang. Walau mungkin bakal diliatin orang-orang karena nonton sendirian, gak masalah. Mereka mungkin gak cukup berani buat nonton sendirian. Kamu udah menang perang karena level PDmu lebih tinggi dari mereka.
Pakailah baju yang oke, yang kece, yang pas (baik pas di size-nya, maupun personality-nya) yang bikin orang lain tuh nyaman melihat kamu. Dengan penampilan yang oke, hal ini akan semakin menunjang dan menjaga tingkat PDmu.
Ada cewek cantik dan fashionable tapi nonton sendirian dan tetap PD? Itu artinya kamu sudah jadi seorang cewek mendiri, bukan seorang jomblo yang galau nggak bisa nonton bareng temen atau pacar.

Tips terakhir buat kamu: nonton dengan teman atau sendirian, yang penting pastikan dompetmu nggak ketinggalan di rumah!

Be proud to be an independent girl!


Ini adalah koleksi tiket gua selama gua nonton sendiri hehehe nagih tau, coba deh :D

 
Maleficent - The Maze Runner (Part 1) - The Hunger Games: Mockingjay (Part 1)
The Hobbit 3: The Battle of the Five Armies - Jupiter Ascending - Insurgent
Pixels - The Hunger Games: Mockingjay (Part 2)

Selamat mencoba :)

http://anggita-nurlyn.blogspot.co.id/


Tips from: http://keepo.me/boks-movie-channel/8-alasan-kenapa-kamu-nggak-perlu-malu-buat-nonton-bioskop-sendirian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar